Hati-hati SPOILER untuk serial Arrow Season 5 Episode 5 “Human Target”

Minggu ini Oliver optimis untuk mencapai semua misi-misinya. Mulai dari menyelamatkan Rene, meloloskan kebijakannya sebagai politisi, serta memburu Tobias Church.

Minggu lalu Rene Ramirez ditangkap dan disiksa oleh Tobias Church saat menjalankan misi. Dengan bantuan Felicity dan anggota rekrutan lainnya, Oliver berhasil mendapatkan lokasi Rene dan Church. Pada saat itu Rene sedang dipaksa menggali lubang kuburannya sendiri oleh Church. Kemudian Rene mengakui bahwa pada saat disiksa, ia tidak sengaja memberitahu identitas Green Arrow sebenarnya.

Sembari beristirahat agar lekas pulih dari luka hasil siksaan, Rene diminta Diggle untuk mengulangi dan mengingat kembali peristiwa saat dia disiksa. Awalnya Rene menolak dengan alasan ia sudah mengatakan semuanya, dan tidak ada yang ditutup-tutupi. Diggle bersikeras bahwa banyak hal yang dilupakan oleh memori seseorang saat ia disiksa, mengingat Diggle sendiri pernah disiksa oleh adiknya. Di satu sisi penulis paham mengapa ia tidak mau mengingat-ingat memori itu lagi mungkin karena trauma. Namun di sisi lain karena tindakan dan tingkahnya di episode-episode sebelumnya yang selalu menyusahkan tim, setidaknya ia punya rasa terima kasih karena telah diselamatkan dan bisa belajar dari kesalahan-kesalahan itu.

Meski begitu untungnya keluhan itu tidak harus bertahan lama, karena pada akhirnya Rene siap membantu tim dengan bekerja bersama Diggle mengingat kembali peristiwa saat dia disiksa. Usaha itu membuahkan hasil dengan akhirnya mengetahui rencana Church selanjutnya. Sedikit membingungkan sebenarnya saat Diggle tiba-tiba memiliki kemampuan seperti psikolog, namun kemampuan itu penulis rasa cocok dengan karakter John Diggle yang sedari awal pintar membaca orang lain.

Di episode ini Oliver juga membuktikan bagaimana ia mampu hidup sebagai Green Arrow sekaligus sebagai Wali Kota Star City. Saat ia menjadi Wali Kota, ia berhasil meloloskan satu kebijakan tentang memberikan perumahan dengan harga murah bagi masyarakat kelas menengah yang sebelumnya ditentang oleh salah satu anggota dewan.

Sebagai Wali Kota Oliver sepertinya juga akan memiliki “villain”-nya sendiri. Ia adalah seorang jurnalis yang sudah muncul di episode-episode sebelumnya, bernama Susan Williams yang diperankan oleh Carly Pope. Tujuan utamanya sepertinya adalah untuk membuat image buruk pada Wali Kota Oliver Queen. Masih belum jelas alasan mengapa Susan ingin sekali melihat Oliver terpuruk. Mungkin ada alasan pribadi, atau mungkin hanya sekedar mencari nama. Cerita Susan Williams sepertinya akan menarik, mengingat cerita ini juga sangat relevan. Bahwa politik dan media atau jurnalistik tidak bisa dipisahkan. Setelah mengetahui bahwa Oliver tidak terus-menerus berada di Lian-Yu selama 5 tahun, langkah yang akan diambil oleh Susan selanjutnya juga menjadi hal yang patut ditunggu.

Oliver akhirnya tahu bahwa Felicity telah mempunyai pasangan baru. Ia mengakui bahwa ia tidak senang bahwa ia tidak diberi tahu sebelumnya. Namun di episode ini sepertinya diperjelas bahwa masing-masing dari mereka menyadari bahwa hubungan di antara mereka tidak akan berhasil meski masih ada paling tidak sedikit rasa. Dan kita sepertinya harus mengucapkan selamat tinggal pada Olicity. Mungkin Oliver dan Susan selanjutnya?

Di adegan flashback Oliver akhirnya resmi dilantik sebagai anggota Bratva. Meskipun Anatoly sepertinya sudah memiliki kepercayaan terhadap Oliver, namun ada satu di antara pemimpin Bratva yang tidak percaya pada Oliver, yaitu Viktor. Viktor mencoba membunuh Oliver, namun untungnya diselamatkan oleh Christopher Chance alias Human Target, yang pintar dalam menyamar menjadi orang lain. Walau episode minggu ini berjudul “Human Target”, ia tidak memiliki banyak peran. Namun perannya cukup krusial dalam cerita minggu ini.

Episode ini berhasil mengakhiri beberapa konflik yang telah berjalan beberapa episode dengan cukup baik. Tim Arrow yang lain seperti Mr. Terrific, Artemis, dan Ragman belum berkontribusi banyak pada jalan cerita selama ini, dan belum terbentuk ikatan emosional di antara mereka. Meski begitu masih banyak ruang tersedia di episode-episode berikutnya, bersama dengan konflik-konflik menarik yang diperkenalkan di episode ini.

 

Advertisements