Konvensi San Diego Comic-Con (SDCC) telah menjadi perhelatan yang ditunggu-tunggu oleh banyak penggemar pop-culture di seluruh dunia. Perusahaan-perusahaan film, televisi, komik, game, dan mainan berlomba-lomba memamerkan produk mereka dan para penggemar dengan senang hati menantikan apa yang akan ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan besar ini. Para penggemar sudah tidak sabar lagi melihat atau bahkan hanya sedikit mengintip film-film yang mereka tunggu, musim baru serial televisi kegemarannya, atau bertemu dengan penulis komik favorit mereka.

SDCC berlangsung selama empat hari di akhir pekan: hari Kamis hingga Minggu, dan tahun ini akan diselenggarakan pada tanggal 20-23 Juli 2017. Ada pun hari yang biasanya paling ditunggu oleh para penggemar adalah konvensi yang akan diadakan pada hari Sabtu. Pada hari Sabtu ini perusahaan-perusahaan paling besar dalam dunia hiburan semua memamerkan produknya. Mulai dari Marvel, Game of Thrones, Stranger Things, hingga Warner Bros. Pictures lengkap dengan salah satu properti favorit penggemar yaitu film-film dari DC Comics alias DCEU.

Panel WB/DCEU di SDCC tahun ini akan berlangsung pada hari Sabtu, 22 Juli 2017 pukul 11.00 waktu setempat. Artinya bertepatan dengan hari Minggu, 23 Juli 2017 pukul 01.00 dini hari WIB.

Warner Bros. sendiri memiliki dua film DCEU yang sedang dalam proses pengerjaan: Justice League dan Aquaman. Sementara itu, banyak sekali film-film yang juga telah direncanakan oleh Warner Bros. dalam DCEU. Pertanyaannya, konten apa saja yang akan dirilis dari film Justice League dan Aquaman, dan apakah Warner Bros. akan mengumumkan film-film yang telah banyak direncakan tersebut?

 

Prediksi

Terkait dengan panel DCEU di SDCC 2017, ini lah pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh pihak Warner Bros.

…the greatest superheroes of the DC universe, united for the first time on the big screen, with stars Ben AffleckGal GadotJason MomoaEzra Miller and Ray Fisher talking all things Justice League, as well as an early look at director James Wan’s Aquaman.

Secara resmi hanya ada dua panel dari Warner Bros tentang DCEU, Justice League dan Aquaman. Ben Affleck, Gal Gadot, Jason Momoa, Ezra Miller, dan Ray Fisher akan datang dan berbicara tentang film Justice League dan mungkin akan diadakan sesi tanya jawab bagi penggemar di Hall H (Hall H adalah aula yang terkenal menjadi tempat panel-panel besar seperti DC dan Marvel). Menariknya tidak ada nama Henry Cavill dalam pernyataan resmi tersebut. Mengapa demikian? Apakah Cavill masih sibuk syuting film Mission: Impossible 6? Atau kah ia akan menjadi bintang tamu kejutan?

Selain itu, sepanjang sejarah panel DCEU di SDCC, sutradara masing-masing film pasti menyempatkan waktu untuk datang. Mengingat permasalahan yang ada di balik layar, siapa yang akan datang menjadi sutradara film Justice League? Apakah Zack Snyder? Atau Joss Whedon? Atau tidak ada sutradara yang datang untuk pertama kalinya? Apa pun yang terjadi pastinya akan menjadi perbincangan media dan para penggemar dan menarik untuk dibahas

Ada pun konten yang akan dirilis dari film Justice League, kemungkinan besar trailer kedua akan dirilis karena trailer terakhir dirilis kurang lebih 4 bulan yang lalu dan acara SDCC ini akan menjadi waktu yang tepat untuk merilis trailer baru. Mungkin kita juga akan melihat penampilan pertama dari Steppenwolf dari trailer tersebut. Selain itu beberapa gambar dan poster baru mungkin juga akan dirilis.

Kemudian dari pernyataan di atas ditulis juga “early look” film Aquaman oleh sutradara James Wan. “Early look” jenis apa yang akan dirilis oleh Warner Bros.? Jawabannya masih bisa beragam mulai dari gambar, poster, concept artfootage di balik layar, hingga teaser atau trailer. Namun prediksi yang paling memungkinkan mengingat perilisan film Aquaman yang masih lama (21 Desember 2018) adalah merilis gambar (foto, poster, atau concept art) dan kumpulan footage seperti yang pernah dilakukan oleh panel Justice League pada SDCC 2016. Jika kumpulan footage masih terkesan terlalu berangan-angan, mungkin Warner Bros. hanya akan merilis footage di balik layar seperti yang pernah dirilis oleh Zack Snyder di akun Twitternya untuk film Justice League.

James Wan mungkin akan datang untuk berbicara sedikit tentang filmnya kepada para penggemar. James Wan juga mungkin akan ditemani oleh pemeran film Aquaman seperti Jason Momoa (karena ia juga dipastikan datang untuk film Justice League) dan mungkin Amber Heard yang memerankan tokoh Mera.

 

Ekspektasi

Selain apa yang telah ditulis dalam pernyataan resminya, Warner Bros. juga sering memamerkan beberapa kejutan bagi para penggemar. Maka dari itu tidak ada salahnya kali ini kita juga boleh sedikit berharap bahwa Warner Bros. akan memberikan kejutan untuk kita.

Satu hal yang paling dinanti oleh para penggemar DCEU adalah tanggal resmi perilisan film-film yang telah direncanakan oleh Warner Bros. setidaknya ada 17 film yang sudah direncanakan oleh Warner Bros., tetapi belum ada kejelasan tanggal rilis. Hal ini pastinya membuat penggemar menjadi bertanya-tanya, apakah kesemua film ini benar-benar dibuat atau hanya rencana belaka. Ada pun film-film tersebut antara lain The Batman, The Flash, Gotham City Sirens, Batgirl, Nightwing, sekuel dari film Man of Steel, Justice League, dan Wonder Woman. Terkait dengan sekuel film Wonder Woman, situs The Hollywood Reporter melaporkan bahwa jika berjalan sesuai rencana, sekuel film Wonder Woman tersebut akan diumumkan pada acara SDCC 2017 ini. The Hollywood Reporter juga merilis laporan yang menyatakan bahwa Shazam merupakan film DCEU yang akan masuk ke tahap produksi setelah film Aquaman. Mungkin tanggal rilisnya juga akan diumumkan di SDCC tahun ini.

Kemudian jika kita benar-benar beruntung dan jika Warner Bros. benar-benar berbaik hati tahun ini, kita mungkin akan dikejutkan dengan pengumuman casting dari tokoh-tokoh di DCEU. Banyak sekali tokoh yang telah diumumkan akan muncul dari DCEU tapi belum ditemukan aktor dan aktrisnya. Mulai dari Nightwing, Batgirl, Catwoman, Poison Ivy, atau pun Darkseid.

Dari tahun ke tahun Warner Bros. dan DC Comics tidak pernah mengecewakan penggemarnya. Selalu ada konten dan kejutan yang diberikan, baik bagi para penggemar yang datang secara langsung maupun para penggemar yang tidak datang. Tahun ini juga diharapkan Warner Bros. akan melakukan hal yang sama mengingat mereka juga harus mempromosikan film-film besar mereka seperti Justice League yang sangat ditunggu-tunggu. Dan menurut AHAtheGeek sepertinya memang sudah saatnya Warner Bros. dan DC Comics menghilangkan segala keraguan dan kebingungan dari benak para penggemarnya sehingga kita bisa benar-benar yakin bahwa masa depan DCEU memang benar-benar cerah.

Advertisements